25/09/2016



Cara Mengetahui Berita Hoax - Dunia maya tidaklah lepas dari informasi, entah itu informasi benar atau hanya dibuat-buat. Tujuan kita mencari informasi adalah mencari solusi atau penjelasan yang pastinya adalah sebuah fakta dan kebenaran. Dan semua tahu bahwa sekarang ini sudah banyak sekali berita-berita Hoax yang beredar di media apapun. Ada yang tertata rapi hingga membuat orang yang melihat jadi langsung percaya dan ada juga yang isinya berantakan hingga dengan hanya membaca awalannya orang langsung tidak percaya. Nah karena kemajuan teknologi dan perkembangan pola pikir manusia, banyak juga yang membuat dan menciptakan seolah-olah berita yang mereka sampaikan adalah benar. Dan banyak juga yang mempercayai berita Hoax yang tersusun rapi tersebut.
Seperti ini bisa terjadi karena si penulis atau pembuat berita tersebut telah menguasai ilmu broadcasting dan yang pasti juga menguasai cara atau alur dan pola pikir manusia lainnya yang dia gunakan untuk menjadi titik lemah manusia agar beritanya dapat diterima oleh otak dan nalar manusia.


Sumber kali ini saya dapat dari Kaskus, dan saya menyusunnya lagi agar lebih mudah di baca, karena terkadang orang agak susah membaca isi atau struktur threat yang ada di situs berbasis forum. Kembali lagi untuk memperjelas apa itu berita Hoax. Hoax adalah berita yang dibuat seolah-olah adalah kebenaran dan padahal berita tersebut hanyalah rekayasa dan hanyalah kebohongan. Untuk kita orang pintar tidak mungkin menerima sesuatu yang ada di media langsung ke otak atau nalar kita. Kita harus smart untuk mengetahui mana isi berita yang bohong dan mana yang benar dan menjadikan suatu kesimpulan dari sebuah berita tersebut.


Pada umumnya isi dari berita Hoax adalah Too good to be true atau Too bad to be true. Yang artinya adalah Terlalu sempurna untuk dijadikan kebenaran atau Terlalu buruk untuk dijadikan kebenaran.

Maksudnya adalah isi berita tersebut terlalu sempurna atau terlalu buruk dari kenyataannya. Intinya adalah "Terlalu". Suatu berita yang terlalu menggebu-gebukan suatu kata-kata atau dalam arti lain terlalu lebay menggunakan ucapannya maka bisa menjadi suatu penanda awal untuk Anda bahwa berita tersebut adalah Hoax.

Dan selanjutnya adalah penanda kedua untuk berita Hoax adalah selalu membawa nama-nama besar seperti America, Nasa, Yahudi, Jionis, Unesco, atau juga nama-nama ahli saintis dan tanpa dilandasi dengan bukti-bukti yang otentik seperti gambar atau foto. Mereka hanya mengutip beberapa tulisan yang juga mereka dapatkan di media lainnya.

Nah kutipan tersebut juga perlu kita pertanyakan keaslian dan sumbernya. Apakah kutipan tersebut juga benar dan sudah terekspose di berbagai sumber, atau hanyak di tulis di hanya satu sumber yang kita juga tidak tahu siapa yang menulis kutipan tersebut. Jangan dengan hanya sebuah kutipan menggunakan embel-embel nama besar dari (yang katanya) pembuat kutipan tersebut.

Kutipan sering kali disisipkan oleh si pembuat berita yang biasanya bertemakan saintis atau tentang kesehatan. Seperti contoh kutipan berikut:

Profesor Carl Michael di University of Witcousin Amerika telah mengatakan bahwa kandungan yang berada pada kulit duren yang dipanaskan menggunakan sinar matahari selama 3 hari bisa digunakan untuk mengobati kanker.
Nah, di atas tersebut adalah salah satu contoh kutipan saintis yang fiktif. Namanya saja sudah tidak benar, dan universitasnya juga tidak ada. Untuk Anda yang ingin mengecek keaslian suatu kutipan dan nama ilmuan dengan cara gampang hanya di scholar.google.com. Dan Anda akan mendapatkan penanda ke tiga berita tersebut hoax atau tidak.

Dan penanda ke empat yaitu umunya berita hoax akan menggunakan kalimat yang seolah-olah ilmiah, padahal tidak sama sekali. Itu hanya mereka gunakan agar Anda percaya karena kalimat yang mereka gunakan seakan-akan memang hasil wawancara atau langsung dari nara sumber ahli, padahal bukan. Anda jangan langsung percaya dengan kalimat-kalimat tersebut, karena bisa jadi memang kalimatnya sangat rapi dan ilmiah, dan padahal isinya semua keliru, dan Anda tidak menyadari tersebut karena sudah terkecoh dengan kalimat ilmiah mereka.


Selanjutnya adalah berita Hoax sering sekali menggunakan kalimat paranoid, yang biasanya yaitu seperti kalimat dibawah ini:

Tolong sebarkan wahai saudaraku... demi kebaikan orang-orang yang kita sayangi
Sering sekali kan Anda mendapati sebuah kalimat seperti itu yang biasanya ditaruh di depan atau juga biasanya di bagian bawah berita. Its too damn touching, right?! Memang benar sangat menyentuh dan tujuannya baik, tapi isinya itu yang keliru semua, yang dimana mereka hanya memanfaatkan kehebohan orang-orang. Itulah penanda ke lima kita dari berita hoax.


Dan penanda lainnya juga adalah biasanya sering sekali berita hoax tersebut disebarkan menggunakan media yang kurang kredibel seperti broadcast, chat, atau sosial media. Kenapa mereka pada media besar tidak memberitakannya, karena mereka media yang besar dan kredibel tidak akan mempertaruhkan nama besar mereka hanya dengan berita Hoax. Lihatlah sumber-sumber berita Hoax tersebut, berita tersebut ditulis hanya oleh segelintir orang dan bahkan terkadang hanya ditulis oleh satu orang dan hanya disebarkan oleh satu orang menggunakan sistem chat atau broadcast ataupun share di sosial media.

Jangan cepat percaya dengan ada yang ada di sosial media, termasuk juga video yang ada di youtube, kita tidak tahu siapa yang mengupload video tersebut, karena teknik dunia broadcasting sangatlah luas untuk memanipulasi otak Anda agar lebih menerima berita tersebut.


Nah, mungkin diatas adalah beberapa cara untuk mengetahui berita hoax agar akan tidak termakan oleh kebohongan segelintir orang. Jangan pernah Anda berkomentar pedas atau membully pembuat berita, itu tidak akan ada habisnya dan tidak ada sama sekali manfaatnya untuk Anda.

Sebagai pembaca yang cerdas, Anda harus bisa membedakan mana yang berita asli dan mana berita yang bohong. Dan jika Anda menemukan kebohongan diberita tersebut, berhenti untuk membully si pembuat berita, karena itu hanya sesuatu yang percuma dan hanya membuang-buang waktu dan tenaga Anda... Berita Hoax jangan disebarkan, belum tentu juga semuanya sudah membaca dan tau Tips Cara Mengenali Berita Hoax.

Sekian dulu artikel dari saya tentang Tips Cara Mengetahui Berita Hoax Agar Tidak Gampang Tertipu Media. Semoga dengan adanya tips ini kita lebih cerdas lagi untuk memilah-milah suatu berita dan informasi dari dunia maya. Selalu kunjungi Artikelious.com untuk tips dan trik menarik lainnya. Terima kasih.

Referensi: www.kaskus.co.id/thread/579ecd745a516321648b456b/tips-untuk-mengenali-berita-hoax-biar-ga-gampang-ketipu/

Judul: Tips Cara Mengenali Berita HOAX Agar Tidak Tertipu Media
Skor: 4.5 dari 5, oleh 7328 ulasan.
Ditulis ulang oleh .com dari berbagai referensi.


PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terima kasih atas perhatiannya.

1 comments:

Isi komentar dimohon untuk:
► TIDAK berisi promosi.
► TIDAK keluar dari topik.
► TIDAK mengandung SARA.
► TIDAK berisi link hidup ataupun link mati.
► TIDAK menggunakan bahasa yang tidak sopan.

*Jika Anda melakukan salah satu hal diatas, kami langsung reporting ke pihak Google dengan mencantumkan link Anda sebagai SPAM. [ Telah menghapus 214 komentar SPAM ]