17/01/2016



Doa Mandi Wajib Dan Tata Caranya - Bagi orang Islam, sering sekali banyak orang yang menyepelekan niat mandi wajib dan juga tata cara mandi wajib yang harus kita lakukan setelah biasa dilakukan seseorang setelah mereka mimpi basah atau pun setelah bersenggama. Dan pada saat itulah diharuskan kita untuk melakukan mandi wajib, atau sering juga disebut mandi besar dan jika di Islam bisa disebut mandi junub. Berbeda dengan mandi biasa yang selalu kita lakukan, mandi besar ini yang dilakukan oleh orang Islam untuk menjaga kesuciannya setelah melakukan dua hal di atas tadi, dalam mandi wajib atau mandi besar ini kita harus sangat memperhatikan doa mandi besar dan juga tata cara mandi besar tersebut.

Dari namanya saja kita bisa mengerti bahwa hukumnya pun juga sangat besar dan kita harus melakukannya sebelum kita melakukan kewajiban lainnya seperti beribadah sholat dan lainnya. Nah, agar kita tidak melakukan mandi junub dengan sia-sia karena doa mandi junub atau cara mandi besar kita yang kurang tepat, maka dari itu langsung saja kita lihat penjelasan selengkapnya tentang tata cara mandi wajib dan juga niat mandi wajib atau mandi junub atau juga mandi besar yang benar secara tuntunan Islam.

Niak Mandi Wajib

Dalam Islam, apapun yang akan kita lakukan kita wajib membacakan niat untuk melakukan hal tersebut. Nah, niat mandi besar atau mandi junub  seperti halnya niat-niat lain yang ada di ibadah kita lainnya, yaitu dengan membacanya di dalam hati. Pada umumnya orang-orang sering menggunakan niat secara umum seperti ini:

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA

Yang artinya:
"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."
Nah, agar niat kita lebih mantab atau lebih kuat, kita bisa menggunakan niat atau doa mandi wajib yang lebih spesifik lagi. Dan berikut ini adalah niat mandi wajib yang dikelompokkan ke dalam tiga bagian, antara lain:

1. Niat mandi besar yang disebabkan karena junub mimpi basah atau keluar mani atau pun senggama, seperti berikut:

NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Yang artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala"
2. Niat mandi besar yang dikarenakan haid, seperti berikut:

NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Yang artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala"
3. Niat mandi besar yang disebabkan oleh nifas, seperti berikut:

NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Yang artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala"

Setelah semua niat mandi wajib diatas, Anda harus juga memperhatikan tata cara mandi wajib tersebut, karena keduanya sangat berkaitan. Nah, langsung saja simak berikut ini tata cara mandi besar atau tata cara mandi junub.

Tata Cara Mandi Wajib
  1. Mandi junub atau mandi besar sebenarnya harus benar-benar dilakukan dengan ikhlas hanyan untuk Allah Ta'ala, dengan niatan hanya untuk beribadah kepadaNya.
  2. Pada mandi besar, pertama Anda harus pastikan yaitu air harus mengenai seluruh tubuh Anda dari kulit yang tertutup oleh rambut Anda hingga sekujur tubuh Anda. Dengan bantuan jemari Anda agar siraman air tersebut bisa masuk kedalam bagian tubuh yang tersembunyi.
  3. Memulai mandi besar dengan cara membasuh kedua telapak tangan Anda hingga pergelangan. Masing-masing bisa Anda lakukan tiga kali dan juga cara membasuhnya pastinya dengan menggunakan gayung untuk mengambil airnya, bukan dengan mencelupkan tangan Anda kedalam bak air.
  4. Selanjutnya, ambil air dengan telapak tangan kanan Anda, lalu untuk mencuci kemaluan Anda gunakan tangan kiri Anda hingga bersih.
  5. Lalu, gosokkan ke tembok atau ke lantai hingga tiga kali, setelah itu cuci tangan kiri Anda.
  6. Selanjutnya, lakukan wudhu seperti Anda melakukan wudhu untuk melakukan sholat.
  7. Setelah itu, guyurkan air mulai dari pundak bagian kanan Anda hingga sampai kepala lalu ke sekujur tubuh Anda. Dan menyilang-nyilangkan air dalam sela-sela rambut, dan jenggot dan juga kumis dan juga rambut mana saja yang ada di tubuh kita, sehingga air bisa rata mengguyur tubuh kita.
  8. Setelah itu, jika Anda sudah yakin semua air mengenai semua bagian pada tubuh Anda, maka Anda bisa mengakhiri mandi wajib dengan cara membasuh kedua telapak pada kaki  Anda hingga mata kaki Anda.
  9. Dan Anda disunnahkan tidak mengeringkan tubuh Anda dengan handuk atau dengan kain lainnya.
  10. Dan juga Anda disunnahkan untuk melakukan mandi besar dengan tertib seperti yang sudah pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad S.A.W.
Ada pula tata cara mandi wajib yang dilakukan oleh Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairiy, seperti berikut:
  1. Memulai mandi besar dengan mengucapkan kalimat bismillah, dan mempunyai niat untuk menghilangkan hadast besar.
  2. Lalu membersihkan kedua telapak tangan seperti diatas, yaitu dilakukan tiga kali juga. Setelah itu melakukan cebok.
  3. Seperti di atas, membersihkan bagian kemaluan dan juga kotoran yang berada disekitarnya.
  4. Melakukan wudhu, namun kecuali untuk kedua kakinya. Dan melanjutkan wudhu dan membersihkan kakinya setelah selesai mandi besar.
  5. Memasukkan kedua telapak tangan dalam air, setelah itu menyela-nyela pada pangkal rambut kepala dengan telapak tangan tadi untuk membersihkan bagian kepala dan juga kedua telinga dengan tiga kali cidukkan air.

Manfaat Mandi Besar Dalam Ilmu Kesehatan

Dan bagi Anda semuanya, sangatlah banyak manfaat mandi itu selain membersihkan badan kita. Dengan melakukan mandi kita juga bisa untuk menetralisir suhu pada tubuh kita. Contoh pada saat kita sakit panas, kita bisa membasuh pada bagian-bagian tubuh kita dengan air, dan air akan menetralisir suhu tubuh kita, dan kita bisa merasakan lebih segar setelah itu. 

Ada juga manfaat mandi adalah untuk membersihkan kuman-kuman yang berlindung di pori-pori kulit kita. Maka dari itu penting bagi kita tidak hanya mengguyurkan air ke pada badan kita, tetapi kita harus juga mengusap-usapnya atau membasuhnya juga dengan telapak tangan kita agar kuman-kuman tersebut bisa rontok dari kulit kita untuk menghindari penyakit lainnya karena kuman tersebut.

Secara logika, mandi besar diatas sangatlah masuk dalam kriteria kesehatan, karena dalam tata caranya dari awal hingga akhir, mereka mengharuskan menggunakan tangan kita untuk membasuh dan meratakan air pada tubuh kita. Dan dengan cara itu air bisa merata pada tubuh kita dan kita bisa terhindar dari penyakit yang bisa diakibatkan oleh kuman yang mendiami bagian tubuh Anda yang jarang terkena usapan atau air pada saat Anda mandi biasa.

Sekian dulu penjelasan tentang doa mandi wajib dan tata cara mandi wajib dan juga beserta analisis mandi besar dalam ilmu kesehatan. Selalu kunjungi Artikelious.com untuk mendapatkan artikel kesehatan lainnya yang mungkin berguna untuk Anda dan keluarga Anda dirumah. Sebarakan juga pada orang-orang yang Anda cintai, karena mandi besar bukan hanya harus dilakukan oleh orang habis melakukan senggama, tetapi mandi besar penting juga bagi kita untuk menjaga tubuh kita dari kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jangan lupa untuk melihat artikel lainnya, terima kasih.

Judul: Doa Mandi Wajib Dan Tata Cara Mandi Wajib | Manfaat Mandi Wajib
Skor: 4.5 dari 5, oleh 7328 ulasan.
Ditulis ulang oleh .com dari berbagai referensi.


PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terima kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment

Isi komentar dimohon untuk:
► TIDAK berisi promosi.
► TIDAK keluar dari topik.
► TIDAK mengandung SARA.
► TIDAK berisi link hidup ataupun link mati.
► TIDAK menggunakan bahasa yang tidak sopan.

*Jika Anda melakukan salah satu hal diatas, kami langsung reporting ke pihak Google dengan mencantumkan link Anda sebagai SPAM. [ Telah menghapus 214 komentar SPAM ]