15/12/2015



Definisi Menopause - Menopause adalah kata yang tidak begitu di khawatirkan oleh para wanita, terutama pada saat mereka mencapai usia yaitu pertengahan. Tetapi, semua para wanita harus terlebih dahulu melewati masa-masa yaitu menopause ini. Banyaknya perubahan yang terjadi yaitu perubahan fisik atau pun perubahan mental yang nantinya akan sangat menuntut wanita itu untuk banyak menyesuaikan. Tetapi Anda tidak harus khawair dengan ini, karena masa-masa ini bisa diatasi dengan sangat baik, dan semuanya akan terlewati dengan sukses.

 Pengertian Menopause - Menopause adalah berhentinya proses ovulasi, atau suatu proses dimana pelepasan sel telur yang berasal dari indung telur, atau secara permanen setelah aktivitas pada ovarium atau indung telur menghilang. Secara singkat, menopause ini adalah haid terakhir pada wanita. Dalam kedokteran menopause ini dapat terjadi karena adanya proses alamiah atau disebut natural menopause dan ada juga dikarenakan adanya kesengajaan untuk membuat berhentinya haid, seperti karena tindakan bedah atau disebut surgical menopause atau juga bisa karena disebabkan oleh pengobatan kanker "medical menopause". Namun dalam isi artikel ini kita akan memfokuskan kepada menopause alamiah.

Dalam usia-usia reproduktif, indung telur pada wanita menghasilkan sel telur dan juga hormon wanita yang sering disebut estrogen dan juga progesteron. Sel telur sangat berperan dalam proses yaitu kensepsi. Namun pada hormon estrogen dan juga progesteron, keduanya berperan dalam mengatur siklus haid dan juga perubahan-perubahan pada tubuh dan juga mental yang bersama siklus haid itu. Pada menopause ini, indung telur akan berhenti menghasilkan sel telur ataupun hormon.

Tidak ada seseorang yang bisa menentukan tanda tanda menopause akan terjadi pada mereka. Tetapi kebanyakan dalam kasus ini, wanita akan merasakan tanda tanda menopause dan mengalaminya pada usia sekitar 50 tahun. Namun juga tidak mustahil untuk terjadi lebih cepat "menopause dini" ataupun lebih lambat dari usia itu. Proses ini akan terjadi selama sekitar antara waktu 3 sampai 5 tahun sampai Anda dinyatakan lengkap ketika Anda seorang wanita sudah berhenti haid yang lamanya 12 bulan.

Dari beberapa penelitian, adanya hubungan antara haid yang pertama dengan menopause ini. Semakin cepat wanita mengalami haid yang pertama semakin lama juga menopause akan terjadi, dan sebalinya juga semakin lambat haid yang pertama, semakin cepat juga datangnya menopause. Ada juga penelitian yang lainnya yang menyatakan petunjuk yang paling baik kapan terjadinya menopause pada seorang wanita adalah dari kapan ibu si wanita tersebut mengalami menopausenya. Walaupun seperti ini, banyak sekali faktor-faktor yang ikut serta dalam menopause ini, seperti merokok yang dapat mempercepat masa menopausenya "menopause dini" selama 2 tahun.

Tips Dan Cara Menghadapi Menopause

Mungkin dari bagian ini yang banyak sekali dipertanyaka olenh para wanita, yaitu tentang apa saja yang akan terjadi kepada diri Anda saat mengalami masa-masa menopause ini. Dan berikut ini adalah gejala menopause pada wanita beserta 7 fakta dan juga tips atau cara menghadapi menopause.

1. Penurunan Kesuburan

Fakta
Ini terkait dengan kualitas pada sel telur yang dihasilkan oleh tubuh wanita. Proses seperti ini dimulai sekitar pada usia 35 hingga 38 tahun, sekitar 10 hingga 15 tahun sebelum menopause terjadi.

Tips
  • Atur kehamilan Anda. Semakin tua saat Anda mengandung, semakin besar pula resiko melahirkan bayi yang memiliki ketidaknormalan genetik.
  • Selalu gunakan alat kontrasepsi. Tidak karena dengan penurusan kesuburan Anda bisa terlindung dari kehamilan.

2. Perubahan Siklus Haid

Fakta
Perubahan yang terjadi bisa sangat berbeda tiap individu. Ada juga yang jarak antara siklusnya memendek, atau ada yang memanjang, dan ada juga yang pendarahan yang terjadi lebih banyak ataupun menjadi sedikit "spotting". Bahkan sebagian para wanita akan mengalami haid yang secara tiba-tiba berhenti dan lalu tidak haid lagi untuk selama-lamanya.

Tips
  • Tentu bersikaplah tenang.
  • Jika Anda menemukan perdarahan haid yang mungkin itu lebih banyak ataupun lama perdarahannya yang lebih lama ataupun pendarahan yang terjadi antara waktu haid, segeralah untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut agar terhindar dari hal-hal berbahaya yang tidak diinginkan.

3. Hot Flashes

Fakta
Sensasi rasa hangat hingga panas sekujur tubuh Anda yang terjadi secara tiba-tiba terutama pada sekitar dada, kepala, dan juga muka, karena akibat dari melebarnya pembuluh darah. Dan gejala lainnya yang menyertainya seperti berkeringat, peningkatan jumlah denyut nadi dan juga peningkatan pada detak jantung.

Tips
  • Berusaha untuk mengenali atau menghindari dahulu hal-hal yang mengakibatkan hot flashes ini seperti ruangan yang bersuhu hangat, minum yang panas, emosi, alkohol, rokok, kopi, dan makanan tertentu yang bisa memicu suhu panas pada badan Anda.
  • Gunakanlah baju yang lebih sejuk, gunakan kipas angin dan juga tidur diruangan yang sejuk.
  • Ketika hot flashes terjadi, tariklah nafas dalam-dalam dan pelan-pelan untuk menenangkan diri Anda. Semakin Anda panik semakin detak jantung Anda meningkat dan semakin terasa hot flashes itu.
  • Olah raga rutin sangatlah membantu Anda untuk mengurangi stress dan juga dapat dilakukan dengan cara meditasi, yoga, ataupun pijat refleksi.

4. Perubahan Emosional

Fakta
Banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini. Hot flashes sering terjadi pada malam hari, dan yang mengalaminya pasti akan mengalami kesulitan untuk tidur. Dan kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan letih dan juga perubahan pada emosional seseorang yaitu mudah marah. Perubahan hormonal juga dapat berpengaruh. Dan selain itu juga, banyak juga peristiwa kehidupan yang terjadi di masa ini yang mempengaruhi gejala menopause ini, seperti contoh, pertentangan dengan para muda-mudi, takut akan menjadi tua, pernikahan anak, periapan waktu pensiun bagi wanita pekerja dan sebagainya.

Tips
  • Ikutlah melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi Anda.
  • Perbanyak kawan untuk berbicara.
  • Makanlah secara teratur dan yang pasti bergizi baik, kurangi asupan lemak, kafein, dan juga alkohol.
  • Olahraga secara teratur.
  • Cobalah beberata teknik untuk menghilangkan stres seperti menarik nafas yang dalam, yoga, ataupun meditasi.
  • Lakukan aktivitas untuk diri Anda seperti pijat, refleksi, manicure.
  • Tidur yang cukup setiap malamnya.
  • Tertawalah sebanyak-banyaknya, dengat syarat hati Anda juga merasa senang.
  • Carilah orang-orang yang sangat berkompeten untuk selalu membantu Anda.

5. Perubahan Vagina dan Inkontinensia

Fakta
Pada masa-masa ini vagina akan berubah memendek dan juga menyempit. Dinding vagina juga menjadi tipis dan kehilangan kemampuan elastisitasnya. Gejala yang juga akan timbul seperti panas, gatal, pendarahan dan juga sakit pada saat bersenggama. Sedangkan pada saluran kemih juga akan timbul yang disebut inkontinensia, yang berarti pengeluaran urin secara tidak sadar "ngompol". Hal ini dapat berdampak juga pada lingkungan sosial dan juga higienitas seseorang.

Tips
Untuk perubahan vagina:
  • Gunakan vaginal moisturizer untuk melembutkan kembali vagina.
  • Gunakan lubrikan vagina yang juga bersifat larut air dan water-soluble berguna melembabkan vagina.
  • Lakukan Pap's smear serta pemeriksaan di kebidanan lainnya secara rutin.
Untuk inkontinensia:
  • Atur jumlah asupan minuman secukupnya.
  • Kurangi kafein dan makanan asam, karena dapat mengiritasi kandung kemih.
  • Jaga kebersihan agar terhindar dari infeksi.
  • Lakukan kegel exercise atau yang dimaksud latihan otot dasar panggul.
  • Kurangi berat badan, bukan dengan cara diet. Anda bisa membacanya disini.

6. Perubahan Aktivitas Seksual

Fakta
Pada usia lanjut, aktivitas seksual berubah kepada kedua pihak pasangan, baik oleh wanita ataupun si pria. Banyak sekali faktor yang mengakibatkan seperti ini, perubahan usia, hormonal, dan juga kejiwaan tiap pasangan. Perubahan yang terjadi adalah berkurangnya respon seksual, aktivitas seksual menurun, hasrat seksual berkurang, pasangan seksual menjadi disfungsional, misal difungsi ereksi ataupun sebagainya.

Tips
  • Perpanjang masa foreplay, hal seperti ini akan membantu memperpanjang orgasme.
  • Ubah kebiasaan seksual Anda, seperti dengan melakukan hubungan senggama pada saat pagi hari dan pada saat tingkat energi lebih besar.
  • Lakukan pendekatan pada pasangan Anda agar hubungan yang lebih baik akan dapat terbangun.
  • Cobalah saling membantu saat mengatasi masalah seksual pada masing-masing pasangan.

7. Masalah Lainnya

Fakta
Bertambahnya berat badan pasti akan muncul karena bertambahnya asupan lemak dan juga berkurangnya massa otot pada tubuh. Dan selain itu, detak pada jantung juga akan cenderung lebih cepat. Karena hal ini dikarenakan oleh faktor hot flashes seperti yang sudah Anda baca diatas dan juga perubahan emosional. Sakit kepala pun juga pasti akan ikut muncul pada wanita yang bisa dibilang rentan terhadap perubahan hormonal. Dan juga hal-hal lainnya yang berserta pada penurunan usia pada wanita tersebut.

Tips
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan juga rendah kalori.
  • Rutin berolahraga.
  • Hindari sesuatu yang bisa membuat Anda stres.
  • Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda tenang.
  • Minumlah air mineral yang cukup.
  • Gunakan sun-block untuk menghindari kanker kulit.
  • Jika perlu makan makanan tambahan.

Selain tips cara mengatasi menopause di atas Anda juga harus mewaspadai penyakit-penyakit seperti jantung, pembuluh darah, dan juga penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis yang sering disebut akan timbul pada saat setelah Anda melewwati masa menopause. Dan dengan itu semua, masa menopause bukanlah lagi masa yang harus ditakuti oleh para wanita, tetapi harus dipersiapkan dan juga disiasati dengan sebaik mungkin, jadi Anda dapat melewati masa itu dengan sebaik mungkin dan tanpa kesulitan sama sekali.

Sekian dulu artikel tentang menopause ini, diatas sudah banyak dijelaskan semua tentang apa itu menopause, gejala menopause, menopause dini, cara mengatasi menopause dan yang lainnya. Anda dapat mendapatkan semua artikel kesehatan dan juga tentang wanita hanya di situs ini Artikelious.com yang selalu menyediakan artikel kesehatan dan juga tentang wanita. 

Selalu kunjungi kami dan dapatkan berbagai manfaat dari informasi Artikelious.com, semoga bermanfaat dan terim kasih.

Judul: Pengertian Gejala Menopause | Cara Menghadapi Menopause Pada Wanita
Skor: 4.5 dari 5, oleh 7328 ulasan.
Ditulis ulang oleh .com dari berbagai referensi.


PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terima kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment

Isi komentar dimohon untuk:
► TIDAK berisi promosi.
► TIDAK keluar dari topik.
► TIDAK mengandung SARA.
► TIDAK berisi link hidup ataupun link mati.
► TIDAK menggunakan bahasa yang tidak sopan.

*Jika Anda melakukan salah satu hal diatas, kami langsung reporting ke pihak Google dengan mencantumkan link Anda sebagai SPAM. [ Telah menghapus 214 komentar SPAM ]