16/12/2015



Cara Mengatasi Uban Dan Menghilangkan Uban - Dengan bertambahnya usia, sangatlah wajar bila ada rambut yang mulai terlihat memutih atau disebut uban. Rambut disebabkan karena produksi melanin yaitu zat yang memberi warna rambut semakin turun produksinya dikarenakan usia. Tetapi uban terkadang juga tidak dikarenakan usia, karena juga banyak sekali yang mengalami rambut ubanan di usia yang sangat muda untuk memiliki rambut putih.

Kekurangan gizi juga bisa jadi penyebab kurangnya kadar pigmen pada rambut. Sehingga menyebabkan rambut semakin pirang dan lalu menjadi putih dan beruban. Dan orang yang menderita penyakit seperti imunologi anemia pernisiosa karena kekurangan darah juga bisa menjadi penyebab rambut uban.

Vitamin B12 berfungsi untuk memproduksi jumlah sel darah merah yang bersih di sumsum tulang. Biasanya penyakit anemia pernisiosa bisa ditandai dengan gejala seperti kurang nafsu makan, kelelahan, penurunan berat badan, sakit kuning dan juga sakit kepala.

Gaya hidup yang tidak sehat juga sangat berpengaruh pada rambut yang beruban lebih cepat. Jika rambut beruban pada usia yang muda, sekarang banyak sekali orang-orang yang berusia sekitar 20 tahun sudah mulai beruban. Dan juga psikologis dan genetik juga sangat berpengaruh pada tumbuhnya uban pada seorang yang masih muda.

Dan berikut ini ada beberapa cara menghilangkan uban.

  • Hindari stres
Stres adalah salah satu penyebab utama uban lebih cepat tumbuh dan juga faktor penuaan dini. Coba untuk meluangkan waktu untuk bersantai untuk diri sendiri. Mungkin seperti refleksi, berendam di air panas setelah melakukan pekerjaan seharian. Dan jangan lupa untuk menjadi diri yang positif.
  • Jika merokok, berhentilah
Merokok sudah terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada diri Anda. Cobalah untuk berhenti merokok, karena berhenti merokok akan menambah sirkulasi dan memperlambat uban untuk tumbuh. Seseorang yang merokok 4x lebih cepat mengalapi ubanan daripada orang yang tidak merokok.
  • Jaga cairan tubuh
Produksi melanin menurun bisa juga krena berkurangnya konsumsi mineral tembaga pada tumbuh Anda. Dan karena itu ada makanan dan minuman yang harus Anda hindari untuk mencegah rambut beruban, seperti minuman yang mengandung kafein contoh teh dan juga kopi. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak asupan air putih. Banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh kita yang mungkin belum Anda ketahui, Anda bisa melihat artikel manfaat air putih untuk kesehatan.

Sangat kurangi kafein dan alkohol, tingkatkan konsumsi air putih. Dan perhatikan juga jumlah makanan yang mengandunk lemak dan juga oksidan tinggi seperti contohnya gorengan, makanan yang pedas dan asam setiap harinya, dan karena makanan seperti itu dapat mengurangi kadar air dan kelembaban pada tubuh Anda. Karena kurangnya kelembaban pada tubuh bisa menghalangi nutrisi untuk mencapai kantung pada rambut Anda yang bisa berakibat memutihnya rambut.
  • Tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat baik untuk relaksasi pada tubuh Anda serta sangat membantu menurunkan tingkat stres. Selain salah satu cara untuk mengatasi uban, dengan tidur yang cukup membuat Anda tampak awet muda. Untuk Anda yang susah tidur cepat, Anda bisa baca artikel cara tidur cepat tanpa obat-obatan.
  • Asupan vitamin B12 dan omega-3
Kekurangan omega-3 dan juga vitamin B12 bisa mengakibatkan rambut uban lebih cepat. Makanlah beberapa makanan yang kaya akan B12 sepertih contohnya, telur, keju, pisang, ikan, sapi, atau daging domba dan unggas. Dan juga memperbanyk kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede, dan juga kacang almond.
  • Tingkatkan sirkulasi darah
Peredaran darah yang lancar sangat penting sekali untuk cara mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya semua asupan vitamin dan juga mineral jika semua tidak dapat mencapai kulit kepala dan juga rambut, maka dari itu Anda perlu melancarkan peredaran darah Anda dengan cara berolahraga secara teratur. Dan juga tambahan untuk menyempatkan memijat kulit kepala dengan ujung dari setiap hari sekitar 5 hingga 10 menit.
  • Stop kegiatan cabut uban
Sering sekali orang-orang melakukan cabut uban yang menghiasi kepala mereka. Padahal kegiatan itu sangat tidak dianjurkan karena itu akan berdampak pada kesehatan. Rambut tumbuh tepat dibawah kulit kepala yang disana terdapat banyak sekali saraf. Karena itu mencabut akan sangat mengganggu saraf. Dan akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna pada rambut akan jadi terganggu.
  • Masker rambut
Bukan hanya pijatan dan juga creambath pada kulit kepala, lakukan juga masker rambut untuk rambut Anda secara teratur dan benar. Bukan hanya untuk membuat rambut lebih berkilau, nutrisi didalam nya akan juga terserap pada akar rambut, sehingga rambut akan lebih sehat, tak mudah untuk rontok, dan juga mencegah tumbuhnya uban.
  • Hindari penggunaan zat berbahan kimia
Banyak sekali produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang seharusnya kita hindari yang bisa menyebabkan penuaan dini. Bukan hanya membuat kering dan juga kusam, uban akan tumbuh lebih cepat. Dan cobalah untuk tidak bergonta-ganti warna rambut.

Itulah tips cara menghilangkan uban yang mungkin bisa Anda terapkan. Dan Anda juga bisa menggunakan cara diatas untuk menghindari tumbuhnya uban. Dapatkan artikel menarik lainnya tentang kesehatan dan sosial yang terbaru. Selalu kunjungi Artikelious.com untuk mendapatkannya. Terima kasih.

Judul: Cara Mengatasi Uban Dan Menghilangkan Uban
Skor: 4.5 dari 5, oleh 7328 ulasan.
Ditulis ulang oleh .com dari berbagai referensi.


PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terima kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment

Isi komentar dimohon untuk:
► TIDAK berisi promosi.
► TIDAK keluar dari topik.
► TIDAK mengandung SARA.
► TIDAK berisi link hidup ataupun link mati.
► TIDAK menggunakan bahasa yang tidak sopan.

*Jika Anda melakukan salah satu hal diatas, kami langsung reporting ke pihak Google dengan mencantumkan link Anda sebagai SPAM. [ Telah menghapus 214 komentar SPAM ]