25/05/2015



Cara Menghilangkan Ketombe - Banyak orang yang mempunyai rambut panjang, tetapi dilain sisi orang itu juga mempunya rambut yang suka rontok dan ketombe yang berlebihan misalnya. Maka dari itu banyak orang yang mencari cara Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok. Ada juga cara orang menghilangkan ketombe dengan garam. Banyak sekali cara menghilangkan ketombe secara alami dan juga mengatasi rambut rontok. Perlu kita ketahui sebelumnya, ketombe yang sering disebut namanya ptiriasis sika (dandruff) di istilah kedokteran, banyak diderita oleh penduduk dari Indonesia ini yang dikenal dengan iklim tropisnya dan juga suhu tinggi setar udaranya yang lembab. Penyakit ketombe ini biasanya sering terjadi pada orang yang mempunyai kulit yang berminya. Yang pengidapnya biasanya bergender pria dan juga yang berumur sekitar 30 sampai 40 tahun.

Tips menghilangkan ketombe yang parah - Penjelasan tentang ketombe adalah pertumbuhan kulit dibagian kepala yang berlebihan tanpa peradangan. Biasanya ciri-ciri gejala mempunya ketombe adalah dengan adalah sisik-sisik berwarna putih disertai dengan gatal-gatal dan juga bisa bersamaan dengan rontoknya rambut. Tepati setiap individu mempunyai gejala yang berbeda-beda.

Ketombe banyak mengganggu pada setiap penampilan individu dikarenakan membuat kotor pundak ataupun baju yang disebabkan rontoknya sisik-sisik putih tadi dan juga rontoknya rambut. Mikroorganisme-mikroorganisme yang bertambah banyak di dalam rambut juga akan memperparah ketombe Anda. Yang termasuk golongan jamur yang bernama Pityrosporum ovale sebenarnya flora asli yang mendiami rambut. Tetapi pertumbuhan jamur yang berlebihanlah yang disebabkan oleh kadar minya yang tinggi, suhu, kelembaban ataupun imun tubuh yang menurun.

Sebenarnya yang perlu kita ketahui adalah penyebab pertumbuhan flora dalam rambut dan juga berlebihannya produksi minyak di rambut kita yang disebabkan oleh beberapa hal ataupun faktor-faktor berikut ini:

- Diet makanan yang mengandung lemak tinggi.
- Suhu dan iklim yang biasanya bisa merangkat kerja minyak kulit yang cepat.
- Genetik, juga bisa menjadi faktor produksi minyak yang berlebih.
- Ras tertentu biasanya mempunyai kulit berminyak.
- Stres yang juga bisa menyebabkan meningkatnya kerja kelenjar minyak.
- Obat-obatan tertentu juga terdapatkan stimulan yang menyebabkan produksi minyak.
- Pada umur tertentu juga biasanya memproduksi minyak secara maksimal.
- Obat-obatan yang menyebabkan menurunnya daya tahan kulit dan tubuh.
- Higiene atau kebersihan/kesehatan kulit yang buruk.
- Penyakit di sistem tubuh kita yang kronik.

Gejala yang sering kali diresahkan oleh orang-orang adalah gatal-gatal pada kulit kita disaat siang hari apalagi pada saat panas dan juga berkeringat. Dan akibat oleh garukkan tersebut yang menyebabkan rontoknya atau lepasnya lapisan yang disebut lapisan keratin epidermal yang akan jatuh atau menempel di rambut ataupun baju Anda. Dan garukkan tersebut juga bisa menyebabkan luka pada kulit rambut yang bisa terinfeksi oleh mikroba lain yang ada dirambut.

Dan akibat garukkan itu tadi bisa menyebabkan rontoknya rambut Anda, terutama di daerah puncak kepala (verteks). Prinsip yang sering digunakan oleh para dokter untuk mengatasi ketombe adalah difokuskan ke mengurangi produksi minyak yang berlebihan di permukaan kulit kepala dan juga jumlah sekresi sebum, menurunkan beberapa jumlah mikroba yang mengganggu ataupun penyebab ketombe, dan juga mengurangi rasa gatal-gatal ataupun rontoknya rambut. Cara-cara diatas dapat dicapai dengan cara melakukan perawatan kulit bagian kepala yang sesuai dan juga obat-obatkan yang dianjurkan oleh para dokter tersebut.

Diatas itu adalah beberapa penjelasan, faktor-faktor, maupun penyelesaiannya dibidang kedokteraan. Nah, berikut ini adalah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, dan ada beberapa cara cepat mengatasi ketombe yang bisa Anda lakukan:

Cari tahu penyebab ketombe Anda
Cari penyebab kenapa Anda bisa ketombe seperti, apakah Anda sedang mengalami stres, ataupun Anda salah memilih shampo yang tidak cocok untuk rambut ataupun kulit kepala rambut Anda. Dan perlu Anda ketahui, minuman beralkohol, merokok, ataupun kopi dapat juga memicu keluarnya ketombe di rambut Anda. Istirahatlah yang cukup, perbanyak tidur secara rutin dan teratur agar tubuh Anda sehat, Anda bisa membaca artikel cara mengatasi susah tidur jika Anda mempunyai masalah susah tidur. Apakah Anda sedang menjalani beberapa pengobatan lain? Itu juga bisa menjadi penyebab keluarnya ketombe di rambut Anda.

Shampo anti ketombe
Beberapa shampo anti ketombe yang dijual di pasaran juga sebenarnya adalah terapi kecil untuk mengatasi ketombe ringan. Dan jangan lupa untuk mencari shampo yang pasti cocok untuk tipe rambut dan kulit kepala Anda. Karena banyak orang yang tidak cocok dengan shampo-shampo lain, tetapi hanya cocok dengan shampo-shampo tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis shampo yang mungkin bisa Anda pilih:

- Shampo ter,
Dapat menekan pertumbuhan minyak kulit dan menahannya, dan juga membantu pelepasan sel-sel kulit kepala Anda yang tidak diperlukan (epidermal turn over).

- Shampo sulfur,
Berguna untuk melepas lapisan tanduk pada kulit dan juga menguraki pertumbuhan minyak di kulit kepala Anda.

- Shampo selenium,
Juga menekan  pertumbuhan dan pelepasan kulit. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan pada bagian kulit kepala setelah saat dibasahi. Lalu diamkan sejenak kira-kira 5 sampai 10 menit, setelah itu dibilas kembali. Pemakaian direkomendasikan selama dua minggu setelah ketombe Anda menurun.

- Shampo Zinc-pyrithion (ZPT),
Kandungan shampo ini banyak digunakan untuk shampo anti ketombe yang banyak dijual di pasaran. Dan bersifan anti-jamur, yang berguna untuk menekan pertumbuhan P. Ovale.

- Medicated Shampo,
Yang mengandung antiseptik dan juga beberapa kandungan di beberapa shampo diatas.

Bila dengan jenis shampo-shampo diatas ketombo Anda tetap saja membandel, Anda coba untuk memberika sebuah preparat yang anti jamur seperti ketokonazol 1% sampai 2%. Untuk mendapatkan itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu oleh dokter. Menggunakannya cukup dengan 2x seminggunya. Pada beberapa hari lainnya Anda bisa menggunakan shampo yang biasa. Perlu di ingat untuk Anda, penggunaan juga harus didiamkan beberapa menit seperti diatas setelah itu lalu dibilas kembali.

Untuk ketombe yang berat
Bagi yang mengalami ketombe berlebihan, Anda bisa menggunakan zinc, asam salisilat ataupun selenium yang banyak orang yang telah berhasil membuktikannya. Shampo yang memiliki kandungan anti jamur seperti yang namanya ketokonzole dapat juga dipergunakan untuk menghilangkan ketombe akut. Tetapi untuk penggunaan shampo ini juga diperlukan waktu sekitar 6 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan beberapa obat-obat ini juga bisa Anda dapatkan di apotek tanpa menggunakan resep dokter.

Pengobatan
Apabila pengobatan diatas tadi tidak menghasilkan apapun dan malah membuat kulit kepala Anda menjadi kemerah-merahan, atau meradang dan juga nyeri-nyeri berarti ketombe Anda sudah termasuk ketombe yang sangat akut, maka pertolonga lainnya ataupun pertolongan tambahan harus dilakukan. Dan pengobatan ini harus dilakukan oleh seorang yang sudah ahli dibidang penyakit kulit. Yakni pengobatan yang sering dilakukan oleh spesialis kulit yaitu seperti kortikosteroid, lalu Ketokonazol oral atau pun hormon esterogen, riboflavin, vitamin B, sianokobalik dan juga piridoksin. Dan apabila pengobatan ini tidak berhasil juga, Anda bisa menggunakan anti malaria. Yang peling penting jika terjadi ataupun untuk mengantisipasi infeksi, Anda memerlukan antibiotik. Dan apabila ditemukan kelainan psikis, diperlukan juga obat penenang.

Kesehatan rambut
Agar ketombe tidak kembali menyerang Anda lagi, kesehatan rambutlah yang penting untuk dijaga dengan sebaik-baiknya. Jika Anda melakukan diet, lakukan secara teratur. Anda bisa coba membaca artikel Cara langsing tanpa diet. Anda juga memerlukan tidur yang cukup dan teratur dan juga mengurangi ataupun menghindari minum minuman keras dan juga menghindari rokok dapat membantu mencegah ketombe kembali lagi. Dalam kondisi perawatan harus diperhatikan juga cara berkeramas yang baik dan benar, yaitu dengan cara memijat bagian kulit kepala yang benar dan bukan dengan cara menggaruknya. Dan juga gunakan shampo anti dandruff dengan cara mengkombinasinya dengan shampo yang sudah sering Anda gunakan.

Sekian artikel dari Artikelious tentang Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami | Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok. Semoga bermanfaat untuk para pembacanya. Jangan lupa untuk membaca tips-tips kesehatan lainnya dibawah artikel ini. Terima kasih.
Judul: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami | Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok
Skor: 4.5 dari 5, oleh 7328 ulasan.
Ditulis ulang oleh .com dari berbagai referensi.


PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terima kasih atas perhatiannya.

6 comments:

  1. ada obat-obatnya gak :(

    ReplyDelete
  2. ada obat alami yg bisa di rekomendasikan?

    ReplyDelete
  3. bisa di coba nih, nice share :D

    ReplyDelete
  4. wiihh, banyak bener gejalnya yah :d

    ReplyDelete
  5. kalo saya rajin-rajin aja keramas sudah itu pake jilbab kalo keluar, jadi rambut gak kena debu hehehe

    ReplyDelete

Isi komentar dimohon untuk:
► TIDAK berisi promosi.
► TIDAK keluar dari topik.
► TIDAK mengandung SARA.
► TIDAK berisi link hidup ataupun link mati.
► TIDAK menggunakan bahasa yang tidak sopan.

*Jika Anda melakukan salah satu hal diatas, kami langsung reporting ke pihak Google dengan mencantumkan link Anda sebagai SPAM. [ Telah menghapus 214 komentar SPAM ]